Resep Sambal Goreng Jengkol Teri

Resep Sambal Goreng Jengkol Teri

Keajaibanalam Salah satu makanan enak yang tidak pernah luput dari selera masyarakat Indonesia adalah jengkol. Jenis kuliner ini selalu menjadi olahan yang paling enak untuk dicoba dan tentunya menambah nafsu makan siapa saja. Dengan olahan masakah nyang tepat, tentunya jengkol tidak akan berbau dan yang paling sering banyak dicoba saat sekarang ini adalah dengan memasak menggunakan campuran ikan teri. Rasa nikmat dari jenkol berpadu dengan ikan teri akan semakin menggungah selera apalagi ada rasa sambal didalamnya.

Anda yang sedang memikirkan untuk mencicipi makanan ini juga dapat mencoba resep yang satu ini, lantas apa saja bahan dan cara pembuatan dariresep sambal jengkol teri ini? Yuk mari kita simak tahapan bahan yang perlu disediakan dan juga cara pembuatannya yakni sebagai berikut ini.

Bahan :

– Jengkol 250 gram ( direbus, iris tipis, lalu goreng )
– Teri secukupnya
– Cabai merah 2 bh ( diiris panjang tipis, goreng )
– Air asam jawa 1 sdk teh
– Daun salam 1 lbr
– Lengkuas 1 cm (memarkan)
– Gula merah sisir 2 sdk teh
– Minyak goreng 2 sdk makan
– Gula pasir 1 sdk teh

Untuk bahan bumbu halus :

– Bawang putih 2 siung
– Bawang merah 4 btr
– Cabai merah 2 bh
– Cabai rawit 2 bh
– Garam secukupnya

Cara Pembuatan Sambal Goreng Jengkol Teri:

1. Langkah yang pertama adalah memanaskan minyak goreng pada wadah penggorengan,lalu setelah itu tumislah seluruh bumbu halus, daun salam dan juga lengkuas sampai memunculkan aroma wangi.

2. Lalu kemudian silahkan untuk menambahkan gula merah, gula pasir dan juga air asam jawa, setelah itu masak hingga bumbu mengental.

3. Setelah dirasa cukup, kemudian masukkan jengkol, teri dan juga cabai merah. lalu kemudian masaklah hingga bumbu meresap.

4. Setelah jengkol matang, angkat dan kemudian sajikan dipiring saji. Selamat mencoba!