Air Terjun Segoro Gunung, 20 Meter Memiliki Kesegaran Yang Alami

Keajaibanalam.Com, On The Spot – Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang terletak dilereng gunung Lawu, yang tepatnya sebelah timur kota Solo. Dikabupaten ini banyak terdapat air terjun, salah satunya yang berada didesa Segoro Gunung. Air terjun Segoro Gunung ini bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi anda yang pecinta petualangan yang ingin melihat alam secara langsung dan eksotis di kabupaten karanganyar tersebut. Dilereng kaki gunung Lawu yang begitu kokok, hembusan angin di area hutan lindung dan segarnya air terjun yang mengalir sepanjang musim bisa dirasakan di Segoro Gunung.

Untuk mencapai kawasan air terjun Segoro Gunung memang tidak seperti mengunjungi air terjun lainnya yang terletak di Karanganyar, seperti Grojogan Sewu di Tawangmangu. Kawasan Segoro Gunung atau Ngargoyoso lebih ekstrim. Kita harus menggunakan sepeda motor atau mobil yang benar-benar mempunyai stamina yang kuat.

Setelah satu jam perjalanan dari Solo dan memasuki wilayah Segoro Gunung, Ngargoyoso Karanganyar, tanjakan curam dan tajam harus dilewati, tidak ada transportasi umum untuk bisa naik ke kawasan ini, jadi lebih baik menggunakan kendaraan pribadi.

Kawasan air terjun Segoro ini merupakan bumi perkemahan yang lokasinya dipenuhi dengan perkebunan pinus yang membuat suasana menjadi tebuh dan rindang. Dari bumi perkemahan itulah terdapat jalan setapak yang menuju air terjun dengan jarak kurang lebih 400meter. Tidak jauh dari air terjun Segoro Gunung juga terdapatsumber mata air yang masih murni yang langsung memancar dari pegunungan dan layak diminum, air inilah yang menjadi sumber dari air terjun segoro gunung.

Selain keindahannya, suasana yang tenang dan sejuk sekitar air terjun ini juga terdapat gua jepang. Menurut cerita masyarakat sekitar, gua jepang ini memang sedikit angker. Karena dulunya waktu masa penjajahan merupakan lokasi persembungyian prajurit jepang. Dan beberapaprajurit yantg terbunuh di tempat tersebut.

Adanya cerita tersebut tidak menyurutkan niat pengunjung ataupun pecinta petualang berkunjung ke air terjun Segoro Gunung. Hal yang menarik dari Segoro Gunung adalah memiliki panorama dengan keindahan yang sangat luar biasa. Kawasan sekitar Segoro Gunung masih relative sepi, karena memang belum banyak orang yang mengenal dan mengetahui adanya air terjun cantik yang mempunyai ketinggian 20 meter ini. Tidak hanya pesona air terjunnya yang indah dan airnya yang begitu segar, tetapi juga adanya susunan batu yang tertata rapi oleh alam yang mampu memberikan lukisan alam yang menakjubkan.