Legenda dan Makna Bunga Amarilis Yang Menyimpan Kisah Cinta

Legenda dan Makna Bunga Amarilis Yang  Menyimpan Kisah Cinta

Keajaibanalam Anda mungkin akan terpesona dengan bunga Amarilis yang sebelumnya sempat viral tahun 2015 diwilayah Gunungkidul, Yogyakarta. Dan ternyata dibalik itu ada kisah mengenai bunga indah ini. Seperti yang diketahui bila bunga Amarilis merupakan jenis tanaman hias yang populer karena kecantikan bunganya. Dan pada umumnya bunga Amarilis dapat dijumpai di pekarangan ataupun ditanam dalam pot. Selain itu bunga ini memiliki tangkai yang panjang yang mana juga sangat cocok dijadikan sebagai bunga potong.

Ternyata tanpa kita sadari bunga Amarilis ini memiliki legendanya loh.

Tahukah Anda bila dibalik namanya yang elok, amarilis menyimpan kisah cinta yang amat tragis. Dari legenda yang ada menyatakan bahwa amarilis merah memiliki kaitan dengan adanya kisah cinta peri Amaryllis yang mana telah jatuh hati kepada seorang gembala bernama Alteo. Pemuda ini memiliki ketampanan seperti seorang Apollo dan kekuatannya itu seperti Hercules. Namun sayangnya, cinta peri Amaryllis malah hanya bertepuk sebelah tangan 😥 . Dirinya berharap dapat memenangkan hatinya Alteo dengan meminta nasehat oracle di Delphi.

Dan sesuai petunjuk, ia pun muncul di depan pintu Alteo dengan cara mengenakan gaun berwarna putih dan kemudian menusuk hatinya dengan panah emas. Hal tersebut diulangi hingga hari ke 30 Alteo baru membukakan pintunya. Dan betapa terkejutnya sang pemuda ketika menyaksikan bunga-bunga cantik berwarna merah bermekaran di sepanjang jalan tersebut. Konon bunga tersebut merupakan tetesan darah dari sang peri. Oleh karena itulah mengapa bunga amarilis banyak dijumpai berwarna merah. Sehingga disitulah asal mula dari nama bunga Amarilis.

Dalam beberapa dekade yang ada banyak kalangan ahli botani atas nama pengelompokan Amaryllis dan Hippeastrum. Amarilis ini pertama kali mengundang perhatian langsung dari tukang kebun yang ada di Eropa pada tahun 1800-an. Banyak kultivar amarilis yang secara umum disebut sebagai lily karena bentuknya dari bunga tersebut dan kebiasaan tumbuhnya yang hampir mirip. Padahal amarilis sendiri jelas berbeda dari tanaman bunga lily yang sebenarnya.

Dari informasi yang ada orang-orang Yunani menyebutkan bunga ini sebagai Amarullis yang berarti “kemegahan” atau “berkilau”. Sedangkan bagi pria, amarilis berarti kuat, kepercayaan diri dan juga kecantikan dari seorang wanita. Bentuk bunganya ini menyerupai bintang dan terompet juga melambangkan suatu kebanggaan.

Hal ini lantaran Amarilis memiliki mahkota bunga yang besar sehingga sangat menarik perhatian, ia menjulang tinggi di antara bunga-bunga lainnya yang ada. Selain itu batang dari bunga ini juga menjulang tinggi yang mengisyaratkan suatu kesombongan. Bagaimanapun, istilah sombong bagi seorang wanita pada jaman itu mengacu sebagai pujian terhadap wanita cantik.

Bagi anda yang penasaran dengan makna warna dari bunga Amarilis, berikut ini akan dijelaskan rincinya :

– Amarilis merah: Gairah, Cinta (baik yang terbalas maupun tak terbalas)
– Amarilis ungu: Warna ungu pada bunga amarilis tidak hanya berarti kedudukan tapi juga bermakna sisi spritual dari kehidupan.
– Amarilis jingga: Kesehatan dan kebahagiaan
– Putih: Kemurnian, feminitas dan rasa tidak bersalah. Amarilis putih yang menyerupai lily melambangkan berkabung untuk orang yang dicintai
– Merah muda: Cinta dan persahabatan antara lawan jenis.
– Kuning: Keberuntungan masa depan.