Bahaya Tersembunyi Yang Sering Terjadi Saat Berada di Pantai

Keajaibanalam.com, On The Spot – Saat liburan kebanyakan orang akan memilih pantai sebagai tujuan destinasi wisatanya. Karena di sana wisatawan akan menemukan pemandangan berupa hamparan pasir putih, birunya air laut dan juga pemandangan di sekitar pantai yang menakjubkan.

Namun tanpa disadari oleh para wisatawan yang mengunjungi pantai tersebut, ada bahaya tersembunyi yang kapan saja bisa mengancam jiwa mereka dibalik keindahan alam yang tersuguhkan.

Sedikitnya ada 5 bahaya yang bisa mengancam jiwa wisatawan di pantai.

1. Ubur-Ubur

Bagi yang suka berenang di laut hendaknya selalu memperhatikan di sekeliling lokasi yang akan digunakan untuk berenang, apakah ada sesuatu yang setidaknya bisa mengancam jiwa termasuk diantaranya ubur-ubur.

Saat menemukan makhluk ini di laut hendaknya segera menghindarinya. Karena apabila terkena kontak dengan tentakelnya saja bisa menyebabkan luka seperti rasa terbakar dan yang lebih parah bisa merusak sel-sel syaraf tubuh.

2. Escherichia Coli

Diantara semua bakteri yang ada, bakteri E. Coli merupakan salah satu jenis bakteri yang paling berbahaya. Bakteri jenis ini bisa ditemukan di setiap tempat perairan seperti misalnya di danau, sungai, laut dan juga kolam renang.

Efek yang timbul apabila terkena bakteri ini  adalah terasa kram di perut dan bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal dan juga otak.

3. Terjadi Infeksi Di Telinga Dan Juga Mata

Untuk kasus seperti ini kebanyakan bagi mereka yang gemar berenang berjam-jam lamanya dan cenderung terkena otitis (infeksi telinga) dan konjungtivitis (radang pada mata).

Alamgkah baiknya apabila setelah berenang setidaknya membersihkan mata dan telinga dengan mencucinya dengan air bersih agar resiko terjadinya infeksi dapat diminimalisir.

4. Mikroorganisme Berupa Alga mekar

Di perairan lepas pantai biasanya dipenuhi oleh berbagai jenis mikroorganisme. Salah satunya yaitu alga mekar dan merupakan salah satu mikroorganisme yang dianggap paling berbahaya.

Karena apabila sampai tertelan maka akan menyebabkan diare berkepanjangan dan berakhir dengan muntah. Untuk itu apabila pada saat berenang hendaknya usahakan agar tidak menelan air.

5. Kurangnya Cairan Tubuh

Para pengunjung pantai terkadang tidak menyadari ketika saat mereka merasa haus, mereka lebih memilih mengkonsumsi air soda daripada air putih. Padahal dengan mengkonsumsi soda maka asupan cairan tubuh malah semakin berkurang dan membuat tubuh semakin terhidrasi.

Maka dari itu hendaknya hindari dehidrasi berlebihan karena akan sangat berbahaya bagi tubuh dan bisa berujung kematian.